Essay_MANAJEMEN DIRI

 

MANAJEMEN DIRI

manajemen diri adalah cara untuk mengatur dan mengelola diri sendiri dengan sebaik-baiknya untuk menuju ke arah yang lebih baik dan menuju tercapainya tujuan hidup .manajemen diri diatur dari pikiran, perasaan ,tubuh dan spiritual .pikiran berarti mampu berpikir dan mengendalikan pikiran. perasaan berarti memiliki kendali terhadap emosi. sedangkan tubuh berarti mampu menjaga dan memperhatikan tubuh. lalu spiritual berarti mendekat kepada sang pencipta selalu dekat dengannya, melaksanakan perintahnya dan menjauhi larangannya.

Prinsip manajemen diri yaitu harus punya tujuan hidup ,harus disiplin, harus percaya diri dan fokus terhadap tujuan yang ingin dicapai .cara manajemen diri yaitu dengan cara selalu evaluasi diri dan observasi terhadap diri sendiri .pada intinya manajemen diri adalah aturan diri sendiri menuju yang lebih baik dan produktif .sedangkan manajemen organisasi adalah kegiatan manajemen yang dilakukan untuk memenuhi tujuan bersama dalam organisasi termasuk menangani permasalahan yang ada bersama-sama. yang mana setiap orang atau individu memiliki tugas peran dan fungsi penting untuk mencapai tujuan organisasi fungsi manajemen dalam organisasi yaitu perencanaan (planning) pengorganisasian  (organizing) pengarahan (actuating) dan pengendalian atau (controlling) organisasi akan berjalan dengan baik jika manajemennya tepat dan baik.

Manusia yang mengenali dirinya dengan baik, maka akan mampu mengatur kehidupan di dunia ini dengan baik, maka akan mampu mengatur kehidupan di dunia ini dengan baik. Sesungguhnya manusia diberi potensi yang bisa mendorong dirinya pada perbuatan baik maupun buruk. Menghilangkan potensi dalam diri tentu tidak baik. Maka yang baik adalah mengendalikan dan mengarahkan agar menjadi motivator pada arah yang diridhoi Allah. Jika seseorang sanggup berbuat hal yang demikian berati manusia itu memiliki kecerdasan dan manajemen diri dengan baik.

            Secara global, dapat dikatakan bahwa Islam mengatur seluruh kehidupan kaum muslim. Seluruh ajaran islam adalah agama sistem, agama penataan (manajemen) dan disiplin. Ini semua menjadi landasan bagi setiap aktivitas dalam islam, dan setiap muslim dituntut untuk melaksanakan sistem tersebut serta komitmen padanya dalam berbagai urusan, baik yang besar maupun kecil. Jika seseorang telah mampu memahami dan mengenal dengan baik tentang dirinya baik dari aspek jasmani maupun rohani, maka akan dapat merasakan potensi dari dirinya.

 


Author: Meyshella Dwi Yanti

0 Komentar

Terbaru